Senin, 28 Februari 2011

Berdo'alah dengan Kesungguhan Hati

Disebutkan dalam sebuah hadis:




Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Nabi Muhammad saw. bersabda "adakalanya seseorang yang rambutnya terurai dan berdebu, bahkan tertolak dari segala pintu rumah orang yang rendahnya dalam pandangan manusia. Akan tetapi, kalau ia sungguh-sungguh minta kepada Allah, pasti Allah akan menerimanya (mengabulakannya)."
(HR. Muslim)

Berdoa kepada Allah haruslah dilakukan dengan kesungguhan hati. Orang yang berdo'a dengan penuh kesungguhan pasti Allah akan mengabulkan do'anya. Ketika berdo'a pikiran, hati hendaklah kita tujukan kepada yang menguasai alam ini yaitu Allah.
Dalam hadis di atas dapat disimpulakan jika kita mohon kepada Allah dengan sungguh-sungguh Allah akan mengabulkannya. Dalam berdo'a janganlah kita bersikap acuh tak acuh atau sambil lalu. Hal ini sama artinya bahwa orang tersebut tidak ingin do'anya dikabulkan, maka dari itu Allah pun tidak mengabulkannya. Lebih bagus lagi jika kita berdo'a kita paham apa yang kita minta dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencapai hal tersebut. Misalnya sebagai pelajar ia berdoa Rabbi Ziddi Ilman war Zuqni Fahma (Ya Tuhanku (Allah), tambahlah ilmuku dan berilah aku rizqi akan kefahaman) tentu selain berdo'a ia juga berusaha untuk belajar yang nanti Allah akan menambah ilmu dari itu dan menjadikan ia faham terhadap pelajarannya.

Kesimpulannya adalah kita berdo'a dengan sungguh maka Allah akan mengabulkannya. "Ud'uni astajib lakum" berdo'alah kepadaku (Allah) niscaya aku (Allah) kabulkan".
Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang sungguh-sungguh dalam berdo'a kepada Allah dan semoga Allah selalu mengabulkan do'a kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar