Jumat, 29 Maret 2013

Hadis tentang Al Fatihah



Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Syu’bah dia berkata: Telah menceritakan kepadaku Khubaib bin Abdurrahman dari Hafsh bin Ashim dari Abu Sa’id bin Al Mu’alla dia berkata: Suatu saat saya sedang melaksanakan shalat di masjid, tiba-tiba Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memanggiku namun saya tidak menjawab panggilannya hingga shalatku selesai. Setelah itu, saya menemui beliau dan berkata:”Wahai Rasulullah saw. sesungguhnya pada waktu itu saya sedang shalat.” Beliau bersabda: “Bukankah Allah ‘azza wajalla telah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyru kamu.” Beliau bersabda lagi: “Sungguh, saya akan mengajarimu tentang surah yang paling agung yang terdapat di dalam Al Qur’an sebelum kamu keluar dari masjid.” Kemudian beliau memegang tanganku, dan saat beliau hendak keluar Masjid, saya pun berkata: “Bukankah engkau berjanji: “Saya akan mengajarimu surah yang paling agung yang terdapat di dalam Al Qur’an.” Beliau menjawab: “(yaitu surah) AL HAMDULILLAHI RABBIL ‘ALAMIN (SURAH AL FATIHAH), ia adalah As Sab’ul al Matsani dan Al Qur’an Al Azhim yang telah diwahyukan kepadaku.
(HR. Bukhari no. hadis 4114)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar